Lanjutkan

1. Tujuan -> AMBAK alias BASAHIN

Kita harus pikirkan dan pahami dengan benar tujuan kita belajar. Tujuan belajar sangat penting untuk otak kita menyerap informasi. Kalau tujuannya gak penting, pasti otak kita akan ‘membuang’ informasi tersebut, akhirnya jadi lupa deh. Dalam buku yang ane baca, munculkan pertanyaan: Apa Manfaat ini BAgiKu? (ambak), yang kalau versi ane jadinya: Buat Apa Sih guA Harus belajar INi? Agak maksa ye, hehe. Dalam sebuah penelitian yang insya Allah emang bener, saat tidur otak akan memilah-milah informasi/ingatan, mana yang worth atau penting untuk diingat dan mana yang gak penting, yang akhirnya ‘dibuang’ alias dilupakan. Jadi, kita harus mempunyai alasan atau manfaat yang sangat kuat untuk belajar. Misal, gw belajar ini supaya bisa lulus SIMAK! Atau: dengan belajar ini gw bisa ngalahin si dia!

Terserah kita mau apa alasannya, yang penting itu harus bisa membangkitkan motivasi belajar kita dan memberikan ‘tanda’ penting untuk informasi yang akan diserap, supaya bisa diingat dengan baik oleh otak kita.

2. Siapkan otak Anda!

Setelah kita menemukan arti/manfaat/alasan belajar di atas, berikutnya yang perlu disiapkan tentu saja organ terpenting dalam proses belajar, yaitu otak. Bagusnya, kita tidak boleh langsung belajar begitu aja. Tiba-tiba abis pulang jalan-jalan langsung belajar mat ipa misalnya, ngeliat nomor soalnya aja mungkin udah enek kali ya. Mobil aja kalau mau dipake bagusnya dipanasin dulu kan, alias disiapkan dulu.

Persiapan otak diperlukan supaya siap untuk digunakan menyerap informasi, seperti halnya mobil diapanaskan agar siap pakai. Dalam hal ini ada sedikitnya dua hal yang bisa dilakukan, yaitu: Visualisasi dan Relaksasi.

Visualisasi bertujuan untuk menyeimbangkan keaktifan otak kiri dan kanan karena kebanyakan dari kita, dalam keadaan normal, otak kirinya lebih aktif dari yang kanan. Cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah teknik melting snowman. Langkah2nya kira-kira gini:

* Pejamkan mata

* Tarik napas dalam2 dan hembuskan, sebanyak 3x

* Bayangkan dengan sangat jelas sebuah snowman, lengkap dengan syalnya

* Hitung mundur dari 30, lalu sambil menghitung bayangkan snowman tadi mencair dari atas kepalanya terus sampai snowmannya mencair semuanya. Usahakan saat hitungan habis, snowmannya juga pas udah mencair semua.

* Tarik napas dalam2 dan hembuskan, sebanyak 3x

* Buka mata

Masih ada beberapa cara lain, tetapi yang cukup mudah en bagus hasilnya sih menurut ane yang ini.

3. AYE (Activate Your Emotion)

Coba deh duduk di kursi atau sofa, terus bayangkan berbagai persoalan yang sedang menimpa. Terus langsung bayangkan kalau kita lagi bermain tinju atau bola yang pertandingannya itu seru banget, biasanya sih kita langsung ngerasa pengen bergerak, memperagakan bayangan kita. Hm, mungkin kurang dapat dimengerti ya contoh di atas, hhe. Intinya, apa yang sedang kita rasakan itu akan mempengaruhi perbuatan atau keinginan kita. Gampangnya gini,

Emotion <-> Motion

Sebelum belajar, coba bayangkan saat kita berada dalam masa2 kejayaan kita. Misal pernah dapet nilai 10, menang lomba, atau bayangkan kita udah keterima di ptn, dll. Yang penting itu harus bisa membangkitkan emosi positif kita.

Langkah2 di atas ane rangkum dari sebuah buku berjudul Be An Absolute Genius, mungkin udah pernah ada yang baca? Mantap dah isi bukunya.. oya, ada lanjutannya lho, kalau banyak yang minat nanti ane tambahin part 2 nya.

Cara Agar Pelajaran Melekat di Otak Tengah

Kali ini saya akan memberitahukan kepada anda bagaimana caranya agar pelajaran bisa melekat ke dalam otak. Sebagaimana kata pepatah arab :
Ilmu itu di dalam Dada Bukan di Dalam Kitab.

Maksud Pepatah di atas adalah

ilmu itu didalam otak bukan didalam buku.

Awalnya memang ilmu itu ada didalam buku, tp kita harus berusaha agar ilmu itu bisa berada di dalam otak kita. Dan usaha kali ini agak rumit dan butuh waktu. Pertama saya akan menjelaskan tentang otak manusia.
Otak manusia itu ada 1 dan dibagi menjadi 3, yaitu : Otak Depan, Tengah dan Belakang.

Otak Depan : Jika ada pelajaran yang baru dipelajari, maka otomatis beberapa pelajaran yang kita ingat masuk ke Otak Depan. Kalau pelajaran itu masih di Otak Depan, maka pelajaran yang kita pelajari mudah sekali dilupakan.

Otak Tengah : Jika ada pelajaran yang sudah melewati Otak Depan, maka pelajaran yang kita ingat masuk ke Otak Tengah

Otak Belakang : Di Otak Belakang ini mungkin banyak sekali beberapa hal yang kita ingat, seperti nama, jalan pulang kerunah dan banyak lagi. Jika ada pelajaran yang ingin anda masukkan ke Otak Belakang, maka ikutilah cara-cara dibawah ini.

Cara-Cara Agar Pelajaran Melekat di Otak Tengah Antara Lain :

* Kita misalkan saja ini hari pertaman kita sekolah

Hari 1 : Baca-bacalah pelajaran di hari 1 sebanyak 5x.

Hari 2 : Baca-bacalah pelajaan hari 1 sebanyak 4x dan pelajaran hari 2 sebanyak 5x

Hari 3 : Baca-bacalah pelajaan hari 1 sebanyak 3x, pelajaran hari 2 sebanyak 4x dan pelajran hari 3 sebanyak 5x

Hari 4 : Baca-bacalah pelajaan hari 1 sebanyak 2x, pelajaran hari 2 sebanyak 3x, pelajran hari 3 sebanyak 4x dan pelajaran hari 4 sebanyak 5x

Hari 5 : Baca-bacalah pelajaan hari 1 sebanyak 1x, pelajaran hari 2 sebanyak 2x, pelajran hari 3 sebanyak 3x, pelajaran hari 4 sebanyak 4x dan pelajaran hari 5 sebanyak 5x

Begitulaj cara menghapal pelajaran agar melekat di dalam otak tengah.Dan jangan lupa untuk tidak Durhaka Kepada Guru.